Mengatasi Gejala Gagal GInjal

Gagal ginjal adalah hlangnya fungsi ginjal. Hal ini mengakibatkan terjadinya retensi garam, air, dan zat buangan nitrogen (urea dan kreatinin) dan penurunan drasttis volume urine (oliguria). Melalui pengobatan dan cara mengatasi gejala gagal ginjal dan penyebabnya, maka prognosisnya membaik. Gagal ginjal yang tidak diobati dapat mengakibatkan penghentian total fungsi ginjal dan kematian.  Gagal ginjal akut terjadi secara tiba-tiba basanya berhasil diobati. Penyakit ini ditandai dengan oliguria mendadak yang diikuti dengan penghentian produksi urine (anuria) secara totaol. Hal ini disebabkan oleh penurunan aliran darah ke ginjal akibat trauma atauu cedera, glomerulonefritis akut, hemoragi, transfuse darah yang tidak cocok, atau dehidrasi berat.

Gagal ginjal kronik adalah kondisi progresif parah karena penyakit yang mengakibatkan kerusakan parenkim ginjal, seperti glomerulonefritis kronik atau pielonefritis, trauma, atau diabetes nefropati )penyakit ginjal akibat diabetes melitus). Penyakit ini diobati melalui hemodialisis (ginjal buatan) atautranplantasi ginjal. Salah satu cara dalam mengatasi masalah gagal ginjal akut adalah dengan diet gagal ginjal akut.

Tindakan diet dalam mengatasi gejala gagal ginjal adalah bertujuan mengurangi beban kerja ginjal untuk mengekskresikan zat-zat sisa disamping memberikan cukup kalori. Diet rendah protein untuk mengurangi ekskresi zat sisa yang harus memberikan cukup protein untuk perbaikan jaringan ginjal yang rusak disamping untuk keperluan lain seperti pembentukan hormone, enzim, dan antibody. Karena itu, diet rendah protein tidak boleh memberikan asupan protein yang kurang dari 20 gram per hari.

mengatasigagalginjal

 

Preskripsi diet gagal ginjal akut adalah:

  1. Dapatkan banyak kalori dengan menambahkan minyak zaitun krim, mayonnaise dan atau salad dressing ke dalam makanan jika tidak terdapat kontraindikasi (misalnya, pasien harus diet rendah lemak). Minyak yang tidak jenuh lebih diutamakan daripada lemka enih karena keadaan pembuluh darah  dan aliran darah ke ginjal akan diperbaiki jika dietnya mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin E (tokoferol) yang banyak terdapat dalam minyak tak jenuh ganda.
  2. Makan daging dengan porsi yang kecil (jangan diberikan lebih dari 2 porsi per hari). Ukuran daging seberat 25 gram ataukurang lebih seperempat telapak tangan jika daging tersebut dipotong tipis. Agar tidak memberikan kesan porsi yang terlalu kecil, daging tersebut bisa saja diberikan satu kali sehari dengan potongan dua kali lebih besar.
  3. Hindarin makanan yang mengandung zat aditif sepert pewarna , pengawet dan penyedap rasa, jenis makanan ini biasanya berupa makanan instan atau makanan kalengan seperti susis, ham, korned, sirup, saus tomat, kecap dan sebagainya.
  4. Hindari makanan yang kaya natrium seperti garam, kue-kue yang asin, kecap asin, taoco/taosi, asinan buah, sayur asin, dll.
  5. Batasi konsumsi susu sampai setengah gelas perhari (1 atau 2 sendok makan susu bubuk per hari). Susu khusus untuk gagal ginjal seperi Nephrisol dapat diberikan.Harga XAMthone Plus

    Obat Gagal Ginjal Alami

    Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

    Cara Beli XAMthone Plus:

    KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

    KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Gagal Ginjal and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.